Beranda Cara Tips Membuat Ketupat Yang Empuk Dan Tahan Lama

Tips Membuat Ketupat Yang Empuk Dan Tahan Lama


Tips Membuat Ketupat Yang Empuk Dan Tahan Lama

Duniainter.net – Lebaran semakin dekat nih, saatnya untuk menyiapkan sajian yang nikmat untuk melengkapi Hari Raya Aidil Fitri yang sebentar lagi tiba. Kalian semua sudah pasti tahulah tentang hidangan yang pasti selalu ada saat Idul Fitri? Benar sekali, jika perkiraan kalian ketupat. Hidangan ini memang selalu ada saat Idul Fitri dan identik dengan Hari Raya Idul Fitri, rasanya memang belum lengkap jika merayakan Idul Fitri tanpa ada ketupat yang disajikan.

Tapi, apakah kalian bisa membuat ketupat ? Jika tidak juga tidak perlu khawatir, sekarang kita bisa beli ketupat mentah yang berbahan dari daun kelapa muda dan mengisinya dengan beras. Jadi kalian tak perlu lagi bersusah-payah harus mencari daun kelapa muda dan juga membuat ketupat, tinggal beli dan terus isi. Untuk membuat ketupat menjadi empuk dan tahan lama ternyata ada tipsnya, disini akan saya bahas tentang tips membuat ketupat empuk dan tahan lama. Tak perlu berlama-lama langsung simak saja pembahasan tips membuat ketupat empuk dan tahan lama dibawah ini.

Tips membuat Ketupat yang Empuk dan Tahan Lama

Tips membuat ketupat Empuk dan Tahan Lama

Kuantitas beras

beras yang digunakan untuk mengisi ketupat sebaiknya direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit, lalu tiriskan. Jika Anda menggunakan beras lebih gebu, masukkan 2/3 bagian saja pada kulit ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, masukkan 1/3 bagian saja.

Merebus dengan panci biasa

Jika menggunakan panci biasa untuk merebus ketupat , maka pilihlah panci yang berukuran besar. Kemudian isi air dan masak sampai air mendidih. Baru setelah itu masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Jika air menyusut, tambahkan lagi air yang sudah mendidih agar suhu tetap stabil.

Menggunakan cara ini Anda membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam untuk merebus ketupat sampai benar-benar matang. Setelah ketupat matang, tiriskan terlebih dahulu sambil di angin-anginkan agar lebih tahan lama.

Merebus dengan panci presto

Anda juga bisa merebus ketupat menggunakan panic presto, siapkan pancinya dan isi dengan air. Sebelumnya paatikan ketupat berisi beras yang dimasukkan bisa tenggelam sempurna di air. Kemudian masak sampai mendidih, kecilkan apinya, kemudian biarkan masak lagi selama kurang lebih 1 jam dengan api sedang.

Sebelum membuka panci prestonya, keluarkan dulu uap yang ada dalam panci presto tersebut. Caranya mudah sekali, tinggal ganjal saja besi yang ada ditutup panci dengan sendok atau benda lain. Jika uap telah benar-benar keluar semua, ketupat dapat diambil dan terus mengalirkan lalu gantung ketupatnya.

Cara penyimpanan

Untuk ketupat dapat disimpan di lemari es dengan membungkusnya menggunakan plastic terlebih dahulu. Jika ingin dimakan maka tinggal hangatkan saja kembali dengan mengukusnya sebentar, ketupat yang masih utuh akan lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

Bagaimana tips membuat ketupat empuk dan tahan lama diatas? Dapat terus dipraktekkan dirumah ya, jangan lupat jika ketupat telah matang dan dingin langsung digantung agar lebih tahan lama dan juga berguna untuk mengurangi kadar airnya. Selamat mencoba tisp membuat ketupat empuk dan tahan lama.

Baca Juga Resep Kue Lebaran, Cara Membuat Bola Coklat Meses Mudah

Tips Membuat Ketupat Yang Empuk Dan Tahan Lama

4397