Beranda Cara Perkembangan HTML (Hypertext Markup Language)

Perkembangan HTML (Hypertext Markup Language)

Memahami HTML

HTML, atau HyperText Markup Language adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat website sehingga dari halaman web yang dapat menampilkan informasi yang berguna bagi pengguna internet.

Juga Baca: Definisi dan fungsi HTML (Hypertext Markup Language)

versi HTML 4.0 dan Beyond

HTML 4.0 bahasa pemrograman web yang diperkenalkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) pada bulan Desember 1997, yang antara fitur-fitur lainnya termasuk CSS (Cascading Style Sheets), yang mendukung pembuatan aplikasi dinamis. HTML menjadi fenomenal karena banyak orang yang mulai menggunakan HTML.

1999 muncul HTML 4.1. Setelah penampilan HTML 4.1, XHTML 1 lahir. Pada prinsipnya sama dengan spesifikasi XHTML di HTML 4.01. Hal yang membedakan adalah sintaks bahasa. XHTML menerapkan aturan yang lebih ketat daripada HTML, yang mengharuskan penulis dokumen harus mengikuti aturan XML (eXtended Markup Language). Selain itu, dalam penulisan dokumen semua tag dan atribut dalam dokumen harus ditulis menggunakan huruf kecil, sedangkan di HTML, tag dan atribut harus ditulis dengan huruf kapital, huruf kecil, atau kombinasi. XHTML 1.0 ke XHTML 2.0 diteruskan. Namun, versi terbaru kurang mendapat tanggapan dari vendor.

Juga Baca: Memahami Situs Web dan Sejarah Situs Web

HTML Versi 5 (HTML5)

HTML5 (angka 5 dan HTML tidak dipisahkan oleh spasi) yang dikembangkan oleh entitas lain, yaitu WHATMG (WHATWG). HTML5 spesifikasi belum final pada saat ini, namun diyakini oleh banyak untuk menjadi standar yang diterima di masa depan. Meskipun belum final, HTML5 telah menyebar pesona. Beberapa browser (lihat Tabel 1.1) mendukung HTML5.

Artikel Terkait:

THANK YOU TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar Anda, jadi saya bisa bersilaturrahmi dengan membalas Anda kunjungi, Berkomentarlah yang bijak dan sopan, karena komentar yang kurang bijak dan sifat spam akan dihapus oleh Admin.