Beranda Cara 5 Cara Menghapus Virus Secara Permanen

5 Cara Menghapus Virus Secara Permanen



Hari gini nggak kerja pake komputer? Anda akan mengalami banyak kesulitan, pasalnya dengan menggunakan komputer dapat mempercepat kinerja dan lebih efisien waktu, terlebih jika Anda bekerja di kantor dan mengurus data. Kini penggunaan komputer bukan lagi hal yang jarang terjadi, bahkan mulai dari anak-anak kecil sudah menggunakan teknologi ini. Bila koneksi internet sudah masuk ke seluruh dunia, akan lebih baik untuk memanfaatkannya, namun ada hal negatif yang dapat merugikan salah satunya virus. Ini adalah sebuah program yang dapat melumpuhkan komputer sebagian maupun secara menyeluruh, sehingga bukan hal baru lagi jika banyak orang mencari cara menghapus virus, ini dilakukan agar tidak menginfeksi semua sistem operasi yang Anda gunakan.

Meskipun virus tidak menyerang hardware atau perangkat keras komputer, namun Anda akan mengalami kerugian dengan hilangnya sebagian atau semua data yang ada di komputer. Itulah mengapa sekarang banyak dikembangkan anti virus sebagai salah satu cara menghilangkan virus lebih praktis dan efisien. Meksipun tidak mudah membuat anti virus, namun sekarang ini sudah banyak dikembangkan anti virus lokal yang gratis namun ampuh membunuh virus yang masuk dalam komputer, ini jadi satu solusi yang cukup menjanjikan bukan dari pada harus mengeluarkan budget lebih untuk berlangganan anti virus.

Mari Cari Tahu cara menghapus virus Secara Permanen

Tidak hanya menggunakan anti virus, masih ada cara menghapus virus lain yang dapat Anda gunakan untuk melindungi komputer dan tablet. Jangan sampai semua data Anda hilang karena sebuah virus saja, berikut ini ada 5 tips untuk menghilangkan virus secara permanen:

1. Cari Gambar Virus dan langsung Hapus
Langkah jadul dan manual yang paling efektif adalah dengan menemukan virus dan menghapus mereka secara langsung, Anda hanya perlu membuka beberapa data dan amati jenis datanya. Jika menemukan judul folder atau file yang aneh, biasanya itu virus. Nama yang dipakai untuk sebuah virus biasanya jaringan huruf dan angka secara acak, sehingga sulit untuk dibaca. Namun kelemahan dengan cara ini adalah jika Anda memiliki ribuan bahkan sampai jutaan data, akan sulit untuk menemukan dalam waktu singkat, apalagi jika virus sudah di jalankan dan menginfeksi komputer, bisa jadi tidak akan ada yang dapat diselamatkan nantinya.

2. Scan Menggunakan Anti Virus
Seperti apa yang kita bahas dari awal, penggunaan anti virus menjadi hal penting, apalagi jika Anda pengguna internet aktif karena penyebaran virus biasanya melalui internet. Baik dari sebuah situs web, blog atau pun dari data yang Anda download. Ada baiknya untuk melakukan scan semua file yang ada di komputer secara berkala, sehingga mengetahui kesehatan komputer Anda. Ini dapat mencegah infeksi virus, memang pada awalnya jinak namun jika di biarkan akan berkembang dan nantinya membuat masalah besar.

3. Belum Virus Dengan Jenis File Tertentu
Langkah yang dapat mencegah virus menjadi sebuah ancaman adalah blokir jenis file tertentu, biasanya ini akan dijadikan file virus. Cara ini terbilang cukup efektif sebagai langkah pencegahan dan menghapus data virus secara menyeluruh, namun Anda harus melakukan scan virus secara lengkap pula. Anda juga harus berhati hati dengan beberapa situs web yang biasanya disusupi oleh virus, sengaja website ini dibuat untuk memberikan virus setelah membukanya, sehingga akan lebih baik membuka situs sehat yang direkomendasikan oleh browser.

4. Selalu Scan Gambar Baru dan Media Baru
Berkenaan dengan internet Anda pasti akan melakukan dua hal ini, download dan upload. Dua hal yang banyak dilakukan oleh setiap orang, tahukah Anda saat proses sedang berlangsung ada juga virus yang datang menyusup? Hal ini biasanya tidak Anda ketahui sebelumnya, apalagi jika punya kecepatan internet yang terbilang besar. Langkah pencegahan dari virus yang dapat Anda lakukan adalah melakukan scan terlebih dahulu pada semua file yang sudah di download dari internet, ini dapat menjadi perlindungan awal yang cukup menjanjikan. Karena virus tidak akan menginfeksi komputer Anda jika tidak di jalankan atau di buka, maka dari itu berhati hatilah dengan data yang memiliki jenis file aneh, karena biasanya itu virus.

5. Update Secara Berkala Anti Virus
Tindakan terakhir yang dapat Anda lakukan untuk melindungi komputer adalah update secara berkala anti virus, tenang tidak perlu mengeluarkan budget lebih. Pasalnya kini sudah banyak anti virus yang menawarkan program secara cuma cuma, meskipun gratis dapat memberikan kualitas terbaik karena tetap diberikan upgrade anti virus secara berkala yang dapat Anda download secara gratis dan tidak sulit untuk di aplikasikan pada komputer dan alat apapun.

Baca Juga: Ini Dia, Cara Memilih Anti virus Gratis Terbaik

Cara Menghapus virus untuk Menjaga Sistem Komputer Tetap Aman

Jadi sudah tidak lagi takut untuk berselancar di dunia maya dengan bahaya virus bukan, karena sudah banyak cara menghilangkan virus. Baik secara otomatis dengan bantu anti virus atau pun secara manual dengan mencarinya langsung, Anda bisa tentukan sendiri mana yang bisa menjaga alat tetap aman dari gangguan virus.