Beranda Cara Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah


Sobat WebKeren.Net pasti sudah membaca artikel mengenai aplikasi pesan instan WhatsApp, seperti Cara Melindungi Privasi WhatsApp dan upaya WhatsApp melindungi data pengguna dengan metode enkripsi end-to-end. Pada artikel Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah ini akan dibahas mengenai cara mengaktifkan fitur baru untuk meningkatkan keamanan yaitu verifikasi dua-langkah (2 step verification).

Fitur keamanan yang bersifat opsional ini secara signifikan meningkatkan rintangan bagi hacker untuk dapat mengakses akun WhatsApp yang sobat miliki. Fitur ini telah di uji pengguna WhatsApp beta sejak November 2016 dan sekarang akan diberikan kepada semua pengguna secara bertahap.

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah


Verifikasi Dua Langkah (2 Step Verification)

Sebagaimana sobat ketahui, raksasa internet seperti Google dan Facebook sudah menerapkan lebih dulu verifikasi 2 langkah ini. Bedanya, pada WhatsApp verifikasi kode rahasia tidak dikirimkan melalui SMS namun harus diingat sendiri.

Secara default verifikasi akun WhatsApp hanya 1 langkah, yaitu melalui nomor telepon yang digunakan sebagai nomor WhatsApp. Prosesnya persis ketika sobat menginstall pertama kali yaitu sobat memasukkan nomor telepon -> WhatsApp mengirim kode rahasia melalui SMS atau telepon yang harus dimasukkan ataupun terinput secara otomatis.
Verifikasi langkah kedua adalah verifikasi berupa passcode / password 6 digit yang sobat kreasikan sendiri sehingga harus dihafal. Password ini nantinya harus diinput setiap sobat mendaftarkan nomor WhatsApp (menginstall di hp baru maupun mereset ulang aplikasi).

Cara mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, untuk menggunakan verifikasi 2 langkah pada aplikasi WhatsApp saat ini (mungkin saja dikemudian hari dijadikan sebagai default) harus dilakukan secara manual. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. update WhatsApp ke versi paling baru melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). 
  2. Masuk ke Pengaturan (Settings) >>> Pilih Akun (Accounts) >>> Pilih Verifikasi Dua Langkah (2 Step Verification) >>> Pilih Aktifkan (Enable).

Meningkatkan Keamanan WhatsApp Verifikasi Dua Langkah - Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah

Lupa Password Verifikasi Dua Langkah WhatsApp

Jangan khawatir bahwa dikemudian hari sobat lupa password Verifikasi Dua Langkah WhatsApp yang telah sobat buat. Sebab pengembang WhatsApp pun telah memprediksi dan menyediakan jalan agar sobat mendapatkan password tersebut kembali. Berikut ini adalah penanggulangan yang telah dipersiapkan pengembang WhatsApp :

  1. Meskipun passcode 2 langkah ini tidak akan ditanyakan setiapkali sobat membuka WhatsApp , aplikasi ini akan meminta password secara berkala (mungkin seminggu sekali) agar sobat senantiasa mengingatnya dan sebagai langkah pencegahan dari lupa password.
  2. Sobat juga dapat melakukan backup via e-mail. Sehingga nantinya e-mail tersebut dapat digunakan untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah ketika lupa password.


Dengan begitu, pastikan sobat memasukkan email yang akurat dan sobat gunakan sendiri agar sobat tidak kehilangan akses terhadap akun WhatsApp dikemudian hari. Selain itu, jika sobat menerima email aktivasi Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp sementara sobat tidak mengaktifkannya, pastikan sobat tidak mengklik link yang ada karena mungkin seseorang sedang mencoba untuk membobol akun sobat dengan memverifikasi nomor telepon lewat email.

Catatan dari WhatsApp: Jika verifikasi dua langkah aktif, nomor telepon sobat tidak akan diizinkan untuk diverifikasi ulang dalam waktu 7 hari sejak terakhir WhatsApp digunakan tanpa kode sandi. Jadi, jika sobat lupa kode sandi, tetapi tidak menyediakan email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, sobat juga tidak akan diizinkan untuk memverifikasi ulang pada WhatsApp dalam waktu 7 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp. Setelah 7 hari, nomor telepon sobat akan diizinkan untuk diverifikasi ulang tanpa kode sandi, tetapi sobat akan kehilangan semua pesan tertunda saat verifikasi ulang (akan terhapus). Jika nomor sobat diverifikasi ulang setelah 30 hari sejak terakhir menggunakan WhatsApp, dan tanpa kode sandi, akun sobat akan dihapus dan sebuah akun baru akan dibuat setelah verifikasi ulang sukses.

Baca juga:
Cara Mengetahui WhatsApp di Blokir
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Menonaktifkan Centang Biru Pesan Terbaca Whatsapp
Hal Penting tentang Status “Online”&”terakhir dilihat” pada WhatsApp
Cara Membuka Whatsapp Lewat Komputer
Cara Chat Whatsapp dengan Huruf Tebal dan Miring

Itulah artikel Web Keren bertajuk Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah ini yang membahas Verifikasi Dua Langkah (2 Step Verification), Cara mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah WhatsApp, dan Proses jika Lupa Password Verifikasi Dua Langkah WhatsApp. Semoga bermanfaat bagi kita semua untuk meningkatkan keamanan aplikasi chatting terpopuler ini.

Bagaimana dengan sobat sendiri, apakah akan mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp Sobat? Tulis di kolom komentar!

Tags:

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah
Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah

Meningkatkan Keamanan WhatsApp: Verifikasi Dua Langkah