Beranda AdSense 7 Posisi Iklan Google AdSense Terbaik Dengan CTR Tinggi

7 Posisi Iklan Google AdSense Terbaik Dengan CTR Tinggi [Studi Kasus]



Iklan merupakan sumber penghasilan utama untuk mayoritas blogger. Tidak seperti metode penghasilan lain yang mengharuskan kita bekerja keras untuk mendapatkan uang, sebagai contoh misalnya afiliasi atau content placement. Iklan bersifat praktis karena yang perlu Anda lakukan adalah menunggu uang datang sendirinya dari pengunjung yang mengeklik iklan tersebut.

Mungkin Anda sering dengar, yang namanya “instan” biasanya hasilnya kurang memuaskan. Faktanya, AdSense yang merupakan jaringan periklanan terbesar dan paling relevan sering membuat pengunjung ogah mengeklik iklan. Salah satu yang menyebabkan hal tersebut adalah posisi iklan yang salah.

Di sini saya berbagi pengalaman saya ketika berpraktik memasang iklan AdSense. Semoga bisa bermanfaat.

Mestinya Iklan Ditempatkan di Mana?

Secara sederhana, iklan mestinya ditempatkan di tempat yang strategis. Apa itu tempat yang strategis?

Tempat strategis adalah posisi atau tata letak yang selalu (atau paling tidak sering) dilihat pembaca ketika mengunjungi situs Anda. Ya, maka tak heran jika pilihan penempatan iklan di dalam artikel sering disarankan oleh para mastah. Tentu saja pembaca datang untuk melihat isi artikel, bukan?

Sayangnya, kebanyakan blogger salah kaprah dengan hal tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang menempatkan iklan di tengah-tengah artikel. Penempatan ini sebetulnya tidak efektif karena menganggu kenyamanan pembaca. Sementara itu, kita harus membuat sebisa mungkin supaya iklan kita bisa dilihat pembaca tanpa menganggu mereka.

Penempatan yang seharusnya adalah di artikel tapi bukan di tengah-tengahnya. Anda akan mengetahui maksud saya sebentar lagi.

Selain artikel, tempat strategis lain adalah header, sidebar, dan di bawah menu. Mohon jangan pernah menampilkan iklan Anda di footer dan kotak komentar karena di situ impresi yang Anda dapatkan sangat kecil.

7 Posisi Iklan Strategis Lengkap dengan Jenisnya

Anda telah mengetahui bahwa iklan adalah solusi penghasilan blogger yang praktis dan juga mengetahui gambaran umum meletakkan iklan. Tidak afdol jika kita tidak membahas secara spesifik posisi-posisi iklan tersebut beserta jenisnya.
Untuk mengetahui peempatan iklan AdSense terbaik, silakan lanjutkan membaca. Oh ya, pastikan Anda memilih posisi iklan maksimal tiga karena jumlah iklan AdSense yang diperbolehkan dalam suatu halaman hanya tiga.

1. Di samping kiri pendahuluan artikel

Posisi yang pertama adalah menempatkan iklan Anda di samping pendahuluan atau paragraf-paragraf awal artikel Anda. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat di gambar berikut.

AdSense di samping atas artikel.
Untuk menerapkan posisi iklan seperti ini, silakan Anda copy kode berikut dan tempelkan di atas <data:post.body/> (Note: Jika templat Anda hasil modifan, besar kemungkinan kode tersebut ada dua atau lebih. Pilihlah yang kedua).

<div style=”float:left; margin-right:15px;margin-bottom:15px”>
IKLAN
</div>

Ukuran iklan yang disarankan adalah 250 x 250 atau responsive. Oh ya, pastikan Anda mengubah IKLAN dengan kode iklan AdSense Anda. Pastikan kode tersebut sudah Anda parse di BlogCrowds.

2. Di atas artikel

Posisi kedua adalah di atas artikel atau di bawah judul. Untuk posisi ini, mudahnya tempelkan kode jenis iklan 700×60 di atas <data:post.body/>.

Penampakan iklan AdSense di salah satu artikel blog saya.

3. Di bawah artikel

Posisi ketiga terstrategis menurut saya adalah di bawah artikel. Untuk posisi ini jenis iklan yang paling ampuh adalah matched content. Sayangnya, jenis iklan ini tidak tersedia untuk semua blog. Untuk mendapatkan jenis iklan ini Anda harus memenuhi syarat tertentu. Salah satu syaratnya adalah blog harus punya lumayan banyak artikel.
Matched content di blog saya.
Jika akun AdSense Anda sudah menyediakan matched content, ini merupakan kabar baik. Akui saja, iklan adalah sesuatu yang dibenci. Nah, dengan matched content, kita bisa mendapatkan uang dengan artikel-artikel terkait kita.
Untuk menerapkan hal ini, silakan Anda copy kode matched content responsive dan tempatkan di atas <data:post.body/>.

4. Di sidebar atas

Selain artikel, sidebar juga bisa menjadi tempat memasang iklan yang potensial. Salah satu posisi sidebar terbaik adalah yang paling atas atau membawahi semua widget-widget Anda. Silakan Anda copy kode AdSense Anda berukuran 250×250 atau responsive ke dalam widget HTML/Text yang Anda tambahkan.

5. Di sidebar bawah dengan sticky widget

Anda juga bisa menempatkan iklan di posisi paling bawah sidebar namun dengan mengaplikasikan sticky widget, sehingga iklan akan terbawa ke bawah ketika di-scroll. Silakan Anda copy kode iklan berukuran 300×600 dan tempelkan di bagian paling bawah sidebar. Untuk aplikasi sticky widget, silakan Anda baca artikel ini.

6. Di samping header blog

Yang keenam posisi header. Posisi ini juga pasti dilihat pengunjung sehingga kemungkinan kliknya besar. Sayangnya, tidak semua templat menyediakan widget di samping header. Jika templat Anda menyediakan, silakan Anda copy kode iklan berukuran 468×60.

7. Di bawah navigasi menu

Terakhir, Anda bisa menempatkan iklan di bawah navigasi. Ukuran yang cocok adalah 970×90. Penampakannya kira-kira seperti ini:
Posisi iklan di bawah navigasi.
Banyak blogger yang protes dengan cara ini karena Google melarang penggunaan sticky di salah satu artikelnya. Namun faktanya, saya sudah bertahun-tahun menerapkan cara tersebut dan akun saya masih aman sampai sekarang. Jika ingin bukti lebih lanjut, silakan Anda kunjungi Kompas.com yang juga menerapkan teknik sticky widget ini.
Untuk menghasilkan pendapatan dan CTR yang tinggi dari AdSense, penempatan iklan adalah salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Cobalah berpraktik dengan menaruh beberapa posisi iklan di atas sehingga Anda mengetahui mana posisi iklan yang paling potensial dan memberi untung. Selamat mencoba!

Mau dapat artikel seperti ini? Yuk berlangganan melalui email, GRATIS!